11.10.2019
Musim Kemarau, APP Sinar Mas Siagakan 799 Personel Pemadam Terlatih di OKI

Pemprov Sumatera Selatan melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) telah memetakan sekitar 300 desa yang berstatus rawan kebakaran hutan dan lahan. Sebagai antisipasi APP Sinar Mas siagakan 799 personel terlatih untuk pemadaman.

APP Sinar Mas menyiapkan strategi secara matang. Baik itu strategi mitigasi ataupun pencegahan. Terlebih dahulu tim sudah melakukan pemetaan area rawan kebakaran untuk mengidentifikasi area mana di konsesi pemasok, hingga jarak 5 KM dari perbatasan konsesi yang paling berpotensi terjadi karhutla.

Untuk strategi mitigasi yang bertujuan mengurangi risiko munculnya titik api, telah disiapakan sekitar 799 personel terlatih dan tersebar di beberapa titik dekat konsesi perusahaan. Personel  dilengkapi peralatan lengkap, baik helikopter water bombing, mobil patroli, alat pemadaman hingga ke penggunaan manara disertai kamera pantau.

Tercatat sebanyak tiga unit heli water bombing yang disiagakan di musim kemarau tahun 2019 ini. Seluruh heli itu digunakan untuk pemadaman di sekitar area konsensi perusahaan dan wilayah Ogan Komering Ilir, sebagai kabupaten rawan karhutla.

Kemudian strategi pencegahan sendiri, dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan masyarakat. Terutama lewat program Masyarakat Peduli Api kerjasama dari perusahaan dan kelompok masyarakat untuk kegiatan sosialisasi.

Tidak hanya itu saja, ada pula program desa makmur peduli api (DMPA), lewat program ini perusahaan mengedukasi masyarakat agar tidak lagi melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

Untuk antisipasi kebakaran terjadi di tahun 2019 ini, perusahaan menyiapkan posko gabungan dengan TNI, Polri dan BPBD. Sebanyak enam posko gabungan bersiaga untuk meningkatkan penjagaan di area rawan karhutla. Posko ini akan memantau jika ada titik api, pantauan selama 24 jam.

Pemantauan sendiri dilakukan langsung untuk mendeteksi titik-titik api sebelum luasan area terbakar mencapai 0,1 hektar. Upaya ini dinilai dapat dilakukan secara maksimal karena punya banyak fasilitas, seperti 135 pos pantau, 19 drone, 23 menara api, dan 35 menara api mini.

view all videos ...
view all photos ...
Recent Tweets
Follow @AsiaPulpPaper