Aset Penerbit

null Cegah Klaster Baru COVID-19!

Cegah Klaster Baru COVID-19!

Mendekati penghujung tahun 2020, pandemi COVID-19 khususnya di Indonesia belum juga teratasi. Di Indonesia justru banyak bermunculan cluster penularan baru salah satunya dari cluster keluarga yang ditemukan di setidaknya 5 kota besar,  Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Semarang, dan Malang. Bahkan cluster ini diprediksi bisa berkontribusi hingga 85% terhadap peningkatan kasus positif COVID-19 jika tidak segera diatasi. 

Lantas apa saja yang perlu kita perhatikan?

1. Berdasarkan Informasi yang dikutip dari laman resmi covid19.go.id, apabila ada rekan satu ruangan di kantor atau keluarga positif COVID-19, keseluruhan tim di kantor atau keluarga tersebut wajib melakukan tes swab. Sementara suspek wajib melakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil tesnya.

2. Menerapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan tamu dari luar rumah atau lingkungan berbeda. Prosedur 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) perlu disiplin diterapkan guna mencegah potensi penularan virus. 

3. Menghindari bepergian ke tempat umum atau bahkan berwisata terutama menjelang libur panjang akhir pekan. . Beberapa kasus terjadi dimana sekelompok orang terpapar COVID-19 setelah berkunjung ke tempat wisata yang ramai.  
Apabila terpaksa harus bepergian atau beraktivitas keluar rumah, disarankan mencatat riwayat bepergian dan serta riwayat kontak. . Hal ini dapat membantu petugas untuk melakukan tracking dan mencegah potensi penularan virus yang lebih luas. 

Kita bersama dapat  memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dan menghindari aktivitas di tempat ramai. Tetap dirumah demi orang terkasih anda. 

Terkait Aset

Related Stories