Aset Penerbit

null Tetap Sehat dan Produktif di Tengah Pandemi COVID-19

Tetap Sehat dan Produktif di Tengah Pandemi COVID-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus corona jenis baru atau COVID-19 menjadi pandemik. Saat ini di tingkat global, jumlah kasus terinfeksi virus COVID-19 telah mencapai lebih dari 100.000. Sementara di Indonesia, per 18 Maret 2020 tercatat 227 kasus (data per 18 Maret 2020) dengan persebaran terbanyak berada di DKI Jakarta.


Penyebaran virus ini menjadi masif dan cepat karena menular antar manusia melalui droplet/tetesan. Seseorang dapat tertular virus COVID-19 apabila berada cukup dekat dan menghirup droplet dari batuk atau bersin penderita. Bahkan droplet/tetesan yang mengenai benda mati bisa bertahan hingga 9 hari. Ada pula beberapa kasus yang berbahaya dimana penderita tidak mengalami gejala apapun hingga kemudian mengalami pneumonia akut. 


Sementara di sisi lain, meski COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemik, sebagian perusahaan belum menetapkan kebijakan bekerja di rumah atau work from home (WFH) untuk karyawannya karena berbagai alasan.

Bagi Anda tetap harus bekerja di kantor, anda perlu menjaga kebersihan area kerja untuk mencegah penularan COVID-19. Berikut adalah sejumlah upaya yang bisa Anda lakukan:

 

  • Rutin membersihkan area sekitar tempat Anda bekerja, Lakukan pembersihan meja dengan disinfektan secara rutin, termasuk telepon, komputer dan keyboard.
  • Selalu mencuci tangan dan menempatkan hand-sanitizer di tempat yang sering dikunjungi.
  • Beri masker kepada rekan kerja yang sedang sakit. Segera sarankan orang tersebut untuk memeriksakan dirinya ke dokter.
  • Himbau rekan kerja anda untuk beristirahat di rumah jika mengalami demam dengan suhu tubuh diatas 37 derajat Celsius. Sebagai pertolongan pertama bisa mengonsumsi obat seperti parasetamol, ibuprofen atau aspirin.
  • Terus memantau perkembangan terkait virus COVID-19 dari sumber yang resmi dan terpercaya.

Untuk mencegah penyebaran virus, sejumlah perusahaan yang telah menetapkan kebijakan WFH. Hal ini selaras dengan himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk membatasi aktivitas dan mengurangi interaksi di tempat umum atau berkumpul di keramaian. Pemerintah mencatat ada 220 perusahaan di Indonesia yang telah menerapkan WFH dengan total lebih dari 20.000 karyawan.
Lalu, bagaimana cara agar tetap produktif bekerja di rumah? Berikut adalah sejumlah hal yang bisa Anda lakukan:

 

  • Ciptakan suasana kerja di rumah senyaman mungkin. Ciptakan tempat kerja di kediaman anda dengan meja dan juga kursi yang nyaman. Pastikan koneksi jaringan untuk tetap terhubung dengan rekan atau atasan anda di kantor. 
  • Tetap beraktivitas seperti biasa. Mandi dan berpakaian seperti di kantor akan membantu meningkatkan produktivitas dan fokus anda dalam bekerja. Apalagi jika anda berkomunikasi, melakukan video call atau video conference dengan pihak lain. 
  • Beri batasan saat bekerja dari rumah. Bekerja sesuai jam dan beristirahat sesuai dengan jam kerja kantor akan membuat kondisi badan anda dalam pola yang benar. Meski bekerja dari rumah, anda juga tetap butuh beristirahat. 
  • Tetap Semangat. Ingat bahwa kondisi pikiran anda juga mempengaruhi kondisi badan anda. Jadi jangan stress. 

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin COVID-19 sehingga menahan penyebarannya dengan mengurangi aktivitas publik serta menjaga kesehatan adalah hal utama yang bisa kita lakukan saat ini.

Terkait Aset

Related Stories