Aset Penerbit

null Responding to Queries on OKI Mill

Responding to Queries on OKI Mill

Terkait sejumlah kekhawatiran serta pertanyaan mengenai rencana ekspansi pabrik OKI Pulp and Paper, Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas ingin menjelaskan beberapa hal.

Rantai pasokan pada OKI Pulp and Paper akan terus dipasok dari area produksi yang telah ada sebelumnya sesuai dengan rencana kerja yang sudah diajukan dan disetujui oleh Pemerintah Indonesia. Selain area produksi yang Kami miliki saat ini, APP Sinar Mas juga akan terus menjalankan proses ketat pada seluruh calon pemasok dengan menggunakan Supplier Evaluation and Risk Assessment (SERA).

APP Sinar Mas akan selalu meninjau kinerja serta komitmen keberlanjutan mereka, dan hanya perusahaan yang lulus uji SERA saja yang akan mendapatkan persetujuan untuk menjadi pemasok. Rincian pemasok telah tersedia di Dasbor keberlanjutan APP Sinar Mas.

Tim Riset dan Pengembangan (R & D) Kehutanan APP Sinar Mas juga terus meningkatkan Mean Annual Increment (MAI) yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan. Pada saat yang bersamaan, Tim R&D juga telah mengidentifikasi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi bahan baku, dan selain itu Kami juga bermitra dengan masyarakat setempat melalui skema perhutanan sosial.

Rencana ekspansi akan dilakukan dalam beberapa tahapan yang membutuhkan waktu karena itu APP Sinar Mas tidak dapat memberikan tenggat waktu, kapan ekspansi yang ditargetkan akan rampung.

APP Sinar Mas juga terus mencermati fluktuasi permintaan pasar, termasuk juga permintaan produk dari hilir, yang akan berdampak secara langsung pada rencana ekspansi. Pertimbangan lainnya adalah ketersediaan pasokan kayu sebagaimana tersebut di atas.

Peningkatan kapasitas pabrik OKI Pulp & Paper ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini bukan rencana baru melainkan rencana lama yang telah digagas bahkan pada saat pembangunan pabrik OKI di tahun 2016. OKI telah dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan tercanggih yang ada saat ini.

Pabrik menggunakan sumber tenaga dari energi hijau secara mandiri yang dihasilkan dari proses produksi pulp dan gasifikasi kulit kayu. Pabrik yang dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan tercanggih ini juga mampu menghasilkan lebih dari 90% kebutuhan dayanya dari energi terbarukan, yang berasal dari proses pembuatan pulp termasuk biomassa.

Rencana perluasan tersebut juga sudah sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan investasi berbasis lingkungan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang bertujuan untuk penyediaan lapangan kerja dan kesempatan untuk berusaha.

Pabrik OKI sendiri dibangun sebagai sebuah pabrik terintegrasi yang mendukung industri berorientasi ekspor.

Adapun terkait kekhawatiran dalam sejumlah masalah :

Terkait Deforestasi – APP Sinar Mas telah memetakan lebih dari setengah juta kawasan lindung di dalam APP Sinar Mas dan konsesi pemasoknya. Dan seluruh perubahan tutupan hutan dipublikasikan dalam dasbor menggunakan satelit Radarsat-2 bekerjasama dengan MDA. Selain itu, untuk verifikasi pihak ketiga, dasbor juga diaudit oleh auditor terpercaya dan hasilnya dipublikasikan kepada khalayak umum.

Sikap APP Sinar Mas sangat jelas, dan kami ingin menegaskan kembali bahwa APP Sinar Mas memegang teguh Kebijakan Konservasi Hutan yang menggarisbawahi komitmen nol-deforestasi serta hanya menggunakan bahan-bahan dari sumber yang berkelanjutan.

Terkait FPIC – Sejak tahun 2013, APP Sinar Mas telah mengadopsi FPIC dan komitmen hak asasi manusia lainnya sebagai bagian integral dari Kebijakan Konservasi Hutan APP tahun 2013.

Sejak saat itu, APP Sinar Mas bekerja tanpa lelah untuk memenuhi komitmennya terhadap komitmen nol deforestasi serta pemberdayaan masyarakat, termasuk memastikan prinsip-prinsip FPIC dilaksanakan dengan benar, terkait dengan hak atas tanah.

Kami juga telah mempublikasikan kemajuan terkait hal tersebut dalam Laporan Keberlanjutan tahunan yang juga telah diverifikasi oleh pihak ketiga. Kami juga terus menjelaskan isu ini serta menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan melalui Forum Stakeholder Advisory Tahunan kami.

Kami memastikan bahwa FPIC dilakukan sebelum proses pembangunan untuk memastikan bahwa hak hukum dan tradisional masyarakat setempat dihormati. Perusahaan tidak pernah menggunakan kekerasan atau intimidasi dalam penyelesaian konflik antara perusahaan dan masyarakat dan kami akan menindak tegas pegawai atau vendor yang melanggar kebijakan FPIC kami.

Terkait Kebakaran - Kebakaran tidak hanya merusak lingkungan dan masyarakat sekitar, tetapi juga berdampak signifikan pada operasional APP Sinar Mas. Untuk itu APP Sinar Mas melakukan pemetaan kawasan rawan kebakaran hingga jarak 5 KM dari batas konsesi untuk mengidentifikasi kawasan yang paling berpotensi atas insiden kebakaran hutan. Hal tersebut dilakukan di sekitar areal konsesi perusahaan serta di kawasan Ogan Komering Ilir yang dikenal sebagai kabupaten yang rawan kekeringan.

Dengan strategi mitigasi yang bertujuan mengurangi risiko titik api, para petugas pemadam kebakaran yang terlatih dikerahkan ke beberapa titik di dekat konsesi perusahaan. Para petugas pemadam kebakaran juga dilengkapi dengan peralatan lengkap, helikopter water bombing, mobil patroli, alat pemadam kebakaran, serta kelengkapan seperti menara api dan kamera pengintai.

Strategi pencegahan yang dilakukan bekerja sama dengan masyarakat melalui Sistem Kehutanan dan Pertanian Terpadu, bekerja sama dengan perusahaan serta kelompok masyarakat untuk sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang bahaya tebas bakar dalam pembukaan lahan. APP Sinar Mas juga bekerja sama dengan TNI, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam pencegahan dan mitigasi kebakaran.

Terkait Aset

Related Stories