Aset Penerbit

null Dari Anyaman Rotan untuk Menopang Perekonomian

Dari Anyaman Rotan untuk Menopang Perekonomian

Dalam setiap rumah tangga, perempuan punya peran penting yang tak tergantikan. Salah satunya membangun ketangguhan keluarga. Di masa pandemi seperti saat ini, peran perempuan justru lebih besar jika dibandingkan biasanya. mendapatkan porsi lebih besar dari kondisi normal. 

"Peluang selalu ada, dan komitmen kami adalah mengajak para perempuan untuk memanfaatkan peluang walaupun dalam kondisi yang serba tidak menentu," ungkap Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas Elim Sritaba.

Pembina Yayasan Doktor Sjahrir, Kartini Sjahrir menambahkan bahwa  seorang ibu sering berperan sebagai garda terdepan dan panutan dalam keluarga. “Di masa pandemi ini, peran mereka semakin besar untuk menguatkan keluarga, baik itu dalam hal melindungi anggota keluarga maupun menopang perekonomian," ungkap antropolog dan pemerhati masalah perempuan tersebut.

Berkolaborasi bersama Yayasan Doktor Sjahrir dan Vinto Craft, APP mengajak perempuan yang berada di dalam dan sekitar konsesi untuk meningkatkan taraf hidup mereka dengan menawarkan mata pencaharian alternatif melalui  Project Kalimantan Rattan. 

Project Kalimantan Rattan adalah bagian dari program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang berfokus pada pemberdayaan perempuan, melalui pelatihan  keterampilan anyaman rotan. Dengan  situasi normal baru, , pelatihan tetap dilakukan meski secara virtual pelatihan ini dilakukan selama tiga hari pekan lalu. 

Dalam pelatihan kali ini,  Vinto Craft memberikan pelatihan lanjutan teknik finishing product dan marketing produk guna melengkapi pelatihan keterampilan anyaman yang sudah dilakukan sebelumnya. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2019 di dua desa, yakni Desa Mengkiang dan Desa Miau Baru di Kalimantan. Hingga saat ini, sudah ada 600 hasil karya dari para ibu-ibu pengrajin yang berasal dari kedua desa ini. 

Terkait Aset

Related Stories