Aset Penerbit

null Program 'Berjuta Shalawat' untuk Sumsel Bebas Api 2021

Program 'Berjuta Shalawat' untuk Sumsel Bebas Api 2021

Sebanyak 300 orang santri Pondok Pesantren Aulia Cendekia, Talang Jambe, Palembang dikerahkan dalam program ini, yang akan bershalawat setiap selesai sholat fardhu untuk mendoakan agar Sumsel terhindar dari bencana karhutla. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Oktober ini atau hingga musim kering berakhir di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan usaha yang dilakukan Sumsel untuk menghalau bencana karhutla ini tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan doa kepada Tuhan YME. Herman juga mengingatkan jika Sumsel terus meningkatkan kewaspadaan terhadap karhutla karena memiliki setidaknya 1,4 juta hektare lahan gambut.

“Karhutla ini bukan hal baru, sudah terjadi berpuluh tahun lalu. Bedanya, dulu masyarakat belum sadar betul apa itu karhutla, tapi kini sudah beda karena edukasi digencarkan ke masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan buku khutbah Jumat yang berisikan mengenai pencegahan karhutla. Direktur APP Sinar Mas, Soewarso mengatakan penanganan bencana ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya kolaborasi dan sinergi antara para pemangku kepentingan.

“Kami juga mengajak perusahaan-perusahaan lain di luar Sinarmas untuk aktif dalam penanganan karhutla ini,”

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan mencatat hanya terdapat 4.536 titik api sepanjang tahun 2020, sementara pada tahun 2019 sebanyak 17.361 titik api. Sementara itu, total luas kebakaran pada tahun 2020 yakni 946,33 hektare (Ha).

Untuk memaksimalkan upaya pencegahan karhutla pada 2021 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan pada Maret 2021 atau lebih awal dibandingkan tahun lalu.

Terkait Aset

Related Stories

Sekolah Sinarmas Eka Bangsa: Komitmen untuk Hadirkan Fasilitas Pendidikan Bermutu di Desa Bukit Batu

Sekolah Sinarmas Eka Bangsa (SEB) yang diprakarsai oleh Yayasan Tjiptamas Eka Bangsa untuk menjadi sarana fasilitas pendidikan di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan telah melaksanakan kegiatan orientasi orang tua pada Jumat, 7 Juli 2022.