Aset Penerbit

null Perkembangan Forest Conservation Policy (FCP) dalam mendukung konservasi hutan di Indonesia

Perkembangan Forest Conservation Policy (FCP) Dalam Mendukung Konservasi Hutan di Indonesia

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkomitmen untuk mewujudkan pengelolaan hutan berkelanjutan dan menyeimbangkan aspek konservasi dengan produksi melalui pendekatan lanskap. Kami berusaha untuk melindungi dan menjaga hutan alam di wilayah konsesi pemasok kayu pulp kami serta meningkatkan pengelolaan hutan.

Setelah peluncuran pertama strategi kebijakan keberlanjutan atau Sustainability Roadmap Vision 2020 (SRV 2020) pada tahun 2012, kami meluncurkan Forest Conservation Policy (FCP) APP pada tahun 2013. FCP merupakan landasan kebijakan keberlanjutan APP dimana kami berkomitmen dalam melindungi hutan alam, pengelolaan lahan gambut, komitmen sosial dan rantai pasok global yang bertanggung jawab. Keempat pilar FCP ini bertujuan untuk memastikan rantai pasokan bebas-deforestasi. FCP kini telah mencapai tahun ke-8 dalam implementasinya dan akan terus menjadi salah satu aspek kunci dari strategi keberlanjutan APP.

Pada tanggal 2-3 Juni, APP bergabung dalam acara HCV Summit 2021, yang diadakan oleh HCV Network secara virtual, untuk membahas peran Pendekatan Nilai Konservasi Tinggi (NKT) atau High Conservation Value (HCV) Approach dalam mendukung target iklim, keanekaragaman hayati, dan sosial dalam dekade yang penting ini bagi planet kita. Selaras dengan visi APP, visi HCV Network adalah memastikan rantai pasokan bebas deforestasi dan berkontribusi pada iklim yang kritis dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam acara virtual tersebut, Head of Landscape Conservation APP Sinar Mas, Dolly Priatna menyampaikan bahwa saat ini APP mengelola sekitar 600.000 ha kawasan lindung di seluruh wilayah konsesi pemasok, yang sebagian besar merupakan kawasan Nilai Konservasi Tinggi (NKT). Namun, dalam melaksanakan upaya perlindungan dan pengelolaan kawasan ini, kami terus menghadapi tantangan seperti degradasi hutan akibat pembalakan liar, penambangan liar, perambahan lahan, serta kebakaran hutan. Terlepas dari tantangan yang kami hadapi, melalui penerapan FCP dan dengan upaya terus menerus serta kolaborasi, kami telah melihat perkembangan dalam mencapai restorasi di sekitar 21.000 ha hutan yang terdegradasi pada tahun 2019 dan sekitar 16.000 ha pada tahun 2020. Di dalam area ini kami juga terus berusaha untuk melibatkan masyarakat, melalui program pemberdayaan masyarakat dalam inisiatif restorasi hutan.

Selain inisiatif restorasi hutan, saat ini kami bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), untuk mengembangkan strategi restorasi di berbagai jenis tanah. Strategi-strategi ini akan diterbitkan dengan harapan dapat menjadi acuan bagi pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan dan melaksanakan inisiatif restorasi hutan.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 ini, APP Sinar Mas berbagi semangat mengenai restorasi ekosistem melalui implementasi FCP di berbagai inisiatif restorasi yang kami terapkan di seluruh operasi kami. Kami percaya bahwa restorasi ekosistem adalah tanggung jawab bersama dan kami terus berkontribusi dalam upaya global untuk melindungi dan melestarikan hutan dunia.

Baca selengkapnya tentang APP FCP di sini: https://asiapulppaper.com/in/sustainability/forest

Terkait Aset

Related Stories