Aset Penerbit

null Inovasi UMKM Tetap Berjaya di Tengah Pandemi

Inovasi UMKM Tetap Berjaya di Tengah Pandemi

Inovasi penting dilakukan untuk menjaga ketahanan bisnis di tengah pandemi terutama untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal yang sama juga dinyatakan oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki dan Managing Director Sinar Mas Saleh Husin dalam seri webinar ulang tahun ke 82 Sinar Mas Bertajuk 'Inovasi UMKM Tetap Berjaya di Tengah Pandemi'. 

Sebelumnya jika UMKM menjadi penyelamat disaat krisis moneter namun hal yang sama tidak terjadi saat ini karena lemahnya daya beli masyarakat. “Produksi terus berjalan, namun tidak diserap dengan baik oleh masyarakat,” Teten mengungkapkan. Meski demikian pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan daya beli salah satunya dengan memberikan suntikan modal pada UMKM. 

Namun ada pula cerita sukses UMKM di masa pandemi seperti yang diceritakan oleh Perwakilan anggota program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Pak Supari dan Ibu Rita membagikan bagaimana mereka tetap menjaga produksi di tengah pandemi dan meraih keuntungan. Selain itu, pelaku UMKM yang juga pemilik Sang Pisang, Kaesang Pangarep, juga turut membagikan pengalaman merintis usaha dari skala kecil hingga kini jaringan bisnisnya tersebar di seluruh Indonesia  

Ingin tahu lebih lanjut tantangan seperti dihadapi oleh UMKM untuk tetap bertahan dan berkembang di tengah pandemi? Simak selengkapnya dalam video tayangan ulang berikut: https://youtu.be/CJTSH5riyPs.

Terkait Aset

Related Stories