Aset Penerbit

null Lelah Mental Kronis Para Petugas Medis

Lelah Mental Kronis Para Petugas Medis

Kurva positif COVID-19 belum juga menurun sementara kelelahan menjadi faktor utama para tenaga medis ikut tertular. Simak artikel berikut untuk membantu para tenaga medis kita!

Pandemi COVID-19 di Indonesia tampaknya belum akan segera usai bahkan Ikatan Dokter Indonesia mencatat 115 dokter meninggal dunia. Angka ini bahkan disebut sebagai angka kematian dokter tertinggi di Asia. Sementara jumlah dokter di Indonesia terendah kedua di Asia Tenggara, hanya ada 4 dokter untuk melayani  10.000 penduduk.

Akibatnya selama pandemi ini, banyak dari tenaga medis mengalami kelelahan mental atau biasa disebut sebagai burnout syndrome. 

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menemukan 83% nakes mengalami burnout syndrome dari skala sedang hingga berat. Dan pejuang garda terdepan ini berisiko dua kali lebih besar mengalami burnout syndrome dan kehilangan empati dibandingkan mereka yang tidak menangani pasien COVID-19. 

Penelitian ini menemukan bahwa kondisi ini dapat menimbulkan efek jangka panjang karena menimbulkan depresi, kelelahan ekstrim bahkan kehilangan kepercayaan diri saat bertugas Kondisi ini tentunya berdampak juga terhadap kesehatan para nakes dan akhirnya berimbas pada penurunan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk mencegah ini terjadi, kita bisa membantu para pahlawan medis ini dengan mematuhi protokol kesehatan. Membantu menurunkan kurva positif COVID-19 akan membantu menyelamatkan para tenaga medis ini. Penting untuk terus menjaga jarak, menggunakan masker jika bepergian keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin dan tetap dirumah saja. Hal kecil ini sangat berdampak besar untuk bisa membantu mengurangi penularan COVID-19 di Indonesia. 

Yuk bantu Tenaga medis #LawanCorona #PakaiMasker #TetapDirumahSaja
 

Terkait Aset

Related Stories