Aset Penerbit

null Ayo Mulai Berkebun di Rumah!

Ayo Mulai Berkebun di Rumah!

Berkebun dapat  menjadi salah satu alternatif kegiatan saat pandemi yang mengharuskan kita tetap tinggal di rumah. Menurut sejumlah pakar, berkebun baik untuk kesehatan fisik dan mental karena menanam serta memelihara  tanaman dapat memberikan ketenangan jiwa. Berkebun mengajarkan kesabaran serta belajar menerima hal yang terjadi diluar kendali kita seperti cuaca. 
Berkebun tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Caranya pun mudah terutama bagi para pemula. 

1. Pilih jenis tanaman

Mulailah dengan tanaman yang Anda sukai dan dibutuhkan oleh keluarga seperti  bayam, kangkung, selada atau mentimun. Anda juga bisa memanfaatkan biji buah atau tanaman untuk dipindahkan ke media tanam, seperti biji tomat, cabai, dan stroberi.

2. Tentukan tempat yang tepat 

Sayuran setidaknya  membutuhkan  matahari sekitar enam jam per hari.  Tempatkan tanaman anda di area atap rumah, jendela atau pagar untuk mendapatkan cahaya yang optimal.

Gunakan instalasi vertikal sebagai alternatif jika anda memiliki lahan yang terbatas. Manfaatkan dinding rumah sebagai tempat menanam. 

3. Media tanam dan nutrisi

Media tanam merupakan tempat dimana tanaman tersebut bertumbuh, bisa tanah maupun secara hidroponik. . Pilih media tanam yang lebih mudah digunakan serta sesuai dengan kondisi rumah anda.  Jika menggunakan tanah, pastikan tanah tersebut bernutrisi tinggi atau yang sudah digemburkan. 
Dan perlu diingat, tanaman juga membutuhkan  tambahan nutrisi salah satunya didapatkan dari kompos. Kompos dapat dibeli di pasaran atau anda bisa membuatnya menggunakan sisa sampah organik dapur. 

Ditengah pandemi, berkebun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental kita. Anda yang sedang mencari hobi baru, mungkin ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk tetap dirumah saja. 

Terkait Aset

Related Stories