Aset Penerbit

null APP Sinar Mas: Foopak Bio Natura Terbukti dapat Terurai Sepenuhnya dari Rumah

APP Sinar Mas: Foopak Bio Natura Terbukti dapat Terurai Sepenuhnya dari Rumah

Jakarta, August 11, 2020, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas beberapa waktu lalu mengumumkan pencapaian sertifikasi TUV OK Compost Home S1345 untuk lini produk kemasan kardus Foopak Bio Natura secara komprehensif. Sertifikasi TUV tersebut menjamin bahwa produk-produk Foopak Bio Natura dapat terurai sepenuhnya secara alami menjadi kompos di kebun atau halaman belakang rumah dalam 24 minggu.

Sertifikasi terbaru ini melengkapi sertifikasi terdahulu yaitu sertifikasi ISEGA EN13432 untuk pengomposan industri dan sertifikasi Institute-cyclos-HTP EN13430 untuk kemampuan daur ulang. Hal ini pun menambah pilihan konsumen untuk melakukan siklus akhir pemanfaatan ulang kemasan makanan ramah lingkungan, yakni melalui kompos rumahan, daur ulang, maupun pengomposan industri. Ketiganya menjadikan Foopak Bio Natura sebagai produk kemasan ideal yang menerapkan ekonomi sirkular, mendukung bumi yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Kemasan kertas bebas-plastik Foopak Bio Natura dari APP Sinar Mas yang kerap memenangkan penghargaan ini ideal untuk layanan makanan take-away panas maupun dingin, kemasan minuman, ataupun kemasan makanan siap saji. APP Sinar Mas telah mengganti lapisan plastik tradisional berbasis petroleum dengan teknologi penguraian air (aqua-dispersion) yang inovatif dan revolusioner, menjadikan produk ini sepenuhnya berkelanjutan dan bebas plastik. Foopak Bio Natura dari APP Sinar Mas juga sudah memenuhi standar FDA Amerika Serikat dan persyaratan REACH untuk kontak langsung dengan makanan. Ini merupakan terobosan besar karena saat ini banyak konsumen tidak menyadari bahwa beberapa kemasan makanan kertas masih mengandung plastik pada bagian coatingnya.


“Meskipun social distancing telah membawa beberapa dampak yang baik bagi bumi kita – udara bersih, langit biru, dan pengurangan emisi karbon, peningkatan sampah akibat pandemi COVID-19 memiliki dampak negatif lingkungan tak terduga. Didorong oleh tingginya penggunaan APD yang krusial untuk kesehatan masyarakat, serta meningkatnya konsumsi makanan take-away menggunakan kemasan plastik sekali pakai, hal ini menimbulkan permasalahan serius bagi masalah sampah plastik global,” ucap Felix Koh, SVP & Head, Business Unit Industrial, APP Sinar Mas. “Foopak Bio Natura dirancang untuk turut mengatasi keprihatinan seputar sampah plastik tersebut. Kami sekarang dapat menyediakan solusi kemasan yang bebas plastik, dapat didaur ulang, dan dapat diolah menjadi kompos, bagi restoran dan industri layanan makanan, untuk mengurangi sampah dan pencemaran laut.”


Pengujian yang dilakukan oleh TUV Austria didasarkan pada analisis rinci biodegradasi dari makalah-makalah Organic Waste Systems (OWS) dan mencakup pula analisis logam berat, penguraian anaerobik, pengomposan, dan pengukuran ekotoksisitas produk pasca penggunaan. Hasilnya menegaskan bahwa kemasan makanan Foopak Bio Natura dari APP Sinar Mas dapat terurai menjadi CO2, air, dan biomassa secara alami, dibandingkan dengan kemasan makanan berlapis polyester tradisional yang baru dapat diurai setelah ratusan tahun. 

Landasan sertifikasi TUV ditentukan oleh American Society for Testing and Measurement (ASTM), dan diakui oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

  ----

Tentang APP Sinar Mas
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas adalah merek dagang untuk perusahaan produsen pulp dan kertas di Indonesia dan China. APP Sinar Mas menghasilkan produk-produk berkualitas untuk memenuhi permintaan dunia yang terus bertumbuh seperti produk tisu, kemasan, dan kertas, dengan kapasitas pulp, kertas, produk kemasan, dan konvensi tahunan lebih dari 19 juta ton per tahun. Setiap hari produk-produk kami tiba di tangan konsumen dalam berbagai merek di seluruh dunia.

Menjaga integritas dari rantai pasokan kami sangat krusial untuk operasi APP Sinar Mas, seperti juga komitmen kami dalam Roadmap Keberlanjutan Visi 2030. Pelajari lebih lanjut tentang keunggulan operasi APP Sinar Mas melalui Laporan Keberlanjutan dan Kebijakan Konservasi Hutan kami di: www.asiapulppaper.com.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi:
Letchumi Achanah
Global Communications Division
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas
T +6221 2965 0800 ext. 21109
Email: letchumi_achanah@app.co.id
 

Terkait Aset

Related Stories

Asia Pulp & Paper Launches New Ecologico – 100% Post-Consumer Waste Recycled Photocopy Paper

Asia Pulp & Paper today announced the availability of its new Paperline Eye Care photocopy paper across Latin America. This new ecologico 100% PCW (post-consumer waste) recycled photocopy paper is a fresh, glare-free, and crisp high whiteness sheet, ideally suited for everyday home, office and quick-print uses.

Asia Pulp & Paper’s Foopak Bio Natura Named to Supply & Demand Chain Executive’s SDCE 100 Top Supply Chain Projects for 2020

Jakarta, Indonesia (June 23, 2020) - Supply & Demand Chain Executive (SDCE), the executive’s user manual for successful supply and demand chain transformation, has selected Asia Pulp & Paper (APP) and its Foopak Bio Natura sustainable food packaging solution as a winner of the SDCE 100 Award for 2020.

Charta Global Now Offers New Compostable Frozen Food Cupstock Paper Board in the United States and Latin America

Charta Global, today announced the expansion of its APP Foopak Bio Natura portfolio of sustainable, compostable and recyclable food packaging board grades with the addition of a new coated two-sided cupstock paper board. The new board is created for single serve frozen food confection products such as shakes, yogurt, smoothies, cold drinks as well as individual packaged frozen food meals.