Aset Penerbit

null Pemenang APP Culture Story (Juni 2020)

Pemenang APP Culture Story (Juni 2020)

Dengan bermodal sertifikat Sekolah Teknik Menengah, Anang Suprianto mengadu nasib ke Perawang dan mendapatkan pekerjaan sebagai Field Operator Boiler (mesin ketel uap) di PT Indah Kiat Pulp & Paper – Perawang Mill pada 1992. Karena prestasinya, Anang dipilih untuk bergabung dengan kelas pelatihan Boiler Multi Fuel  dari Finlandia hingga memiliki sertifikat pengoperasian boiler yang baik.

Setahun kemudian, Anang dipindahkan ke PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry untuk membantu menyelesaikan proyek pembangunan boiler. Kemudian ia juga melakukan pengawasan hingga boiler dapat beroperasi secara normal. Perannya sebagai Operator Boiler DCS mengharuskannya bekerja berdampingan dengan Supervisor Boiler dari Finlandia pada Desember 1993. Selama periode ini, Anang memutuskan untuk belajar Microsoft office dan memperdalam kemampuannya berbahasa inggris.

Keberhasilan Anang terus berlanjut bahkan ia ditugaskan untuk membantu pabrik Gold East Paper di China yang membuatnya mampu berbahasa Mandarin. Tidak cukup disitu, di tahun 2013 Anang memutuskan kembali ke bangku kuliah dan meraih gelar Masternya di tahun 2019. Anang juga menerima sertifikasi program Manajemen Energi, Konservasi Energi, dan Auditor Energi masing-masing pada tahun 2018 dan 2020. Saat ini Anang masih terus aktif sebagai Supervisor Multi Fuel Boiler. 
 

Terkait Aset

Related Stories