Aset Penerbit

null Peran APP tangkal karhutla di Riau

Peran APP Tangkal Karhutla di Riau

Kepala BPBD Riau yang juga merupakan Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger mengatakan luasan lahan terbakar di Riau menurun signifikan sekitar 29% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 4.733,57 hektar. 

Edward juga memuji peran aktif Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas membantu pemerintah mengatasi karhutla di sejumlah wilayah terutama Riau. Ia menyebut program pembinaan masyarakat APP Sinar Mas,  melalui Desa Makmur Peduli Api (DMPA) telah membantu secara tidak langsung mengurangi praktek tebas bakar di sejumlah wilayah. 

"Kita terus berharap sejumlah perusahaan seperti Sinar Mas menyiagakan perangkatnya, seperti pemadam kebakaran, helikopter dan sebagainya serta membantu pemerintah dengan sejumlah desa binaannya," ujarnya dalam Webinar 'Kesiapan Riau Menghadapi Musim Kemarau', Selasa (4/8).

Direktur Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Purwadi Soeprihatno menambahkan jika perusahaan konsesi saat ini tidak hanya fokus melindungi areal konsesi dari kebakaran, namun juga turut menjaga areal luar konsesi hingga radius lima kilometer. Purwadi juga menjelaskan bahwa salah satu anggotanya, APP Sinar Mas bahkan telah memasang kamera pemantau yang mampu menjangkau hingga 12 kilometer.

“Masalah ekonomi, sosial, kesenjangan masyarakat juga harus diselesaikan. Oleh karena itu program DMPA menjadi bagian penting dalam menyelesaikan persoalan di lapangan. Intinya bagaimana menerapkan masyarakat sebagai subjek dan memberdayakan mereka, kita berikan edukasi dan pendampingan kemudian ada nilai manfaat ekonomi yang mereka peroleh dari setiap kegiatan yang mereka lakukan,” jelasnya.

Terkait Aset

Related Stories